DILARANG memberitahukan PIN dan PASSWORD kepada siapapun, termasuk kepada sms yang mengatasnamakan CENTER dengan embel-embel bonus: deposit, spanduk gratis, atau apapun itu yang kurang masuk akal. Segala resiko bukan tanggung jawab kami. Terimakasih by: MC-PULSA
Home » Info » Kasus Down-nya Indosat Murni Human Error
Filed: Info

Gerak cepat yang dilakukan oleh pihak Indosat sebagai antisipasi atau respon gangguan jaringan beberapa waktu lalu mendapat apresiasi positif dari Masyarakat Telekomunikasi (Mastel). “Upaya Indosat yang sigap dan telah bekerja keras mengatasi masalah jaringan internet ini sehingga bisa mengembalikan layanan seperti semula, patut diapresiasi.

Mastel memberikan acungan jempol kepada Indosat,” ujar Executive Director Mastel Eddy Thoyib di Jakarta, Minggu (6/4). Meski Indosat cukup lama memerbaiki gangguan tersebut, Eddy melihat kerja eksterakeras tergolong luar biasa. Eddy menampik jika gangguan internet ini terjadi karena Indosat sudah membajak 415.652 prefix internet seperti dilansir firma internet BGP Monitoring.

“Itu jelas tidak benar dan menyesatkan bagi masyarakat. Kalau pun dijelaskan, tentu sangat teknis. Yang lebih penting, Indosat telah memerbaiki dan mengembalikan layanan seperti semula,” ujarnya. Di tempat terpisah, Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono juga memaparkan bahwa tidak ada pembajakan Internet Protocol (IP).

Kasus Indosat itu murni kesalahan teknis karena human error. Nonot menjelaskan, sistematika tentang IP dan berlangsungnya kegiatan internet melalui routing dengan banyak jalur. “Kalau salah nomor itu kan mesti salah belok. Kalau salah belok kan pasti tabrakan. Itu yang dibilang membajak,” tegas Nonot.

APJII :Jaringan Indosat Lumpuh Akibat Human Error

Kejadian yang terjadi di Indosat  merupakan human error dan bukan hal yang disengaja serta tidak ada hubungannya dengan ulah teroris atau pihak asing. Ini murni karena human error,” kata Irvan melalui siaran persnya, Jumat, 4 April 2014. Artinya, kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi.

Yang pasti, kata Nonot, karena masalah itu jaringan Indosat sedang down. Ini juga sering dialami operator telekomunikasi lain. “Jaringan down itu boleh saja. Yang tidak boleh itu jaringan yang sering down karena ini berkaitan dengan komitmen operator yang harus menjaga kinerja jaringan dan koneksi bisa tersambung dengan baik. Karena itu, harus ada yang ahli untuk menjelaskan kenapa sampai terjadi masalah ini,’’ paparnya.

Nonot melihat dalam kasus Indosat ini banyak kepentingan asing yang terhambat. Ini wajar karena industri telekomunikasi selalu melibatkan jaringan seluruh internasional yang berpusat di Amerika Serikat. “Jadi, saya melihat tudingan BGP Monitoring itu terlalu emosional,”ujarnya.

Sebelumnya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah angkat bicara soal kasus jaringan yang mendera Indosat, khususnya soal kabar pembajakan terhadap lebih dari 400 ribu prefix internet global. Menurut Ketua Bidang Sekuriti Jaringan APJII Irvan Nasrun, kejadian seperti itu memang bisa melumpuhkan jaringan.

Namun ditegaskannya, Indosat yang tergabung di dalam APJII, tidak melakukan pembajakan seperti yang dituding laporan BGP. “Itu bukan karena disengaja. Juga tidak ada hubungannya dengan ulah teroris atau pihak asing tapi murni karena human error,” kata Irvan.

Artinya, kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi. Dan, itu bisa dialami semua operator telekomunikasi,’’ katanya. (ara/jpnn)

Sumber:
http://m.indopos.co.id/2014/04/kasus-indosat-murni-human-error.html

http://www.tempo.co/read/news/2014/04/04/092567846/APJII-iJaringan-Indosat-Lumpuh-Akibat-Human-Error

Selengkapnya

Related Post Kasus Down-nya Indosat Murni Human Error

Menjadi Wirausaha melalui Pulsa Elektrik

MC-PULSA, Jual Pulsa Elektrik Paling Murah?

Apa itu BOLT?

Hati-Hati, “SMS Mesum” Penguras Duit

Gratis Pulsa 100 Kali Lipat dari Kartu As Paket 500